Thursday, April 5, 2018

11 Bahasa Tubuh Orang yang Suka Sama Kita

Ketika sedang suka kepada seseorang biasanya orang-orang melakukan hal-hal yang dilakukan tanpa kesadarannya.

Ya itu lah yang dinamakan bahasa tubuh.

Menariknya bahasa tubuh ini sebenarnya sangat susah untuk dimanipulasi sehingga bisa dibilang kamu akan bisa mendapatkan jawaban paling jujur apabila kamu berhasil mengetahui bahasa tubuhnya.

Jika seseorang tertarik kepadamu maka dia juga akan secara tidak langsung melakukan hal-hal yang mungkin kamu sendiri sudah pernah melihatnya, tapi kamu sendiri gak begitu tahu apa artinya.

Ada baiknya kamu baca ini dulu deh supaya tahu arti gerakan-gerakan tertentu yang mungkin merupakan sebuah sinyal bahwa dia suka kepadamu.

1. Gak berani melihat matamu

Biasanya orang yang suka sama kamu itu kebanyakan malu buat langsung menatap langsung matamu.

Tapi jika misal dia sama sekali tak melepaskan pandangannya ke kamu sepanjang waktu, maka ada baiknya kamu takut, terus gak perlu ketemu dia lagi...

Karena kemungkinan besar dia merupakan psikopat.

Oh iya...

Jika kamu bisa memerhatikan pupil matanya, jika memang dia suka sama kamu, maka pupilnya akan membesar.

Seakan matanya mengatakan “lihat aku lebih dekat”.

Oh iya, pernah tahu konsep depth of field yang biasanya ada di dunia fotografi?

Nah peran pupilnya yang membesar itu bagaikan bukaan diafragma lensa kamera yang semakin membesar.

Dengan membesarnya ukuran lubang diafragma akan memberikan efek kabur pada background dan nantinya objek utama yang sedang dilihatnya itu menjadi semakin jelas.

Apa objek utama yang sedang dia lihat? Tidak lain dan tidak bukan adalah kamu.

Berhubung dia gak begitu berani untuk melihat matamu, sudah dapat dipastikan dia hanya akan curi-curi pandang ke kamu.

Berhubung kamu juga perlu untuk memperhatikan matanya, jadi kamu juga ada bagusnya kalau curi-curi pandang juga sih...

2. Kasih sentuhan ringan ke kamu

Orang yang suka sama kamu kadang bakal secara gak sadar bakal nyentuh bagian tubuhmu...

Bukan dalam artian mesum lo ya.

Sentuhan ini bisa seperti misalnya dia betulin kerah baju kamu yang gak bener...

Atau mungkin ketika kalian bercanda dia memukulmu secara lembut...

Pokoknya dia bakal menyentuhmu baik secara sadar atau tidak.

Tidak menutup kemungkinan sih jika dia tiba-tiba pegang lembut tanganmu, entah itu buat gandeng kamu atau mungkin cuma sekedar pegangan tangan...

Yang penting tangan kalian berdua bersentuhan tanpa disadari.

3. Tubuhnya mendekat ke arah kamu

Tanpa disadari jika orang sedang tertarik dengan orang lainnya yang ada di dekatnya, maka dia akan secara tidak langsung mencondongkan badannya ke arah orang yang dia suka itu.

Bukan tidak mungkin jika dia akan melakukan hal itu juga ke kamu.

Sebenarnya tidak selalu harus tertarik kepada seseorang untuk membuat orang itu lebih mendekat ke subjeknya...

Jika orang itu tertarik dengan topik pembahasan yang sedang dilakukan.

Jadi untuk mengetes apakah dia benar-benar tertarik kepadamu atau cuma sekedar tertarik dengan topik yang sedang kalian bahas anda mencoba untuk membahas banyak hal.

Cuma memang hal ini tidak bisa diperhatikan dalam sekali dua kali percobaan, oleh sebab itu ada baiknya untuk lebih bersabar.

Jika memang kamu gak punya ide untuk bahas apa ke dia, ada baiknya kamu pelajari dulu apa yang dia suka supaya kamu seenggaknya bisa browsing dulu tentang topik itu.

Misal jika dia hobi berenang, mungkin kamu bisa tanya-tanya sukanya gaya apa atau mungkin kamu tanya sukanya berenang di mana...

Kalaupun misalnya kamu gak bisa berenang, mungkin bisa lah minta diajarin berenang sama dia.

4. Jika ketawa, wajahnya pasti ke arah kamu

Jika ada hal lucu yang sedang terjadi di dekat kalian dan akhirnya mampu membuatmu tertawa, coba deh perhatikan wajahnya...

Perhatikan wajahnya pada saat dia tertawa, apakah mengarah kepadamu atau tidak.

Jika iya, ada kemungkinan bahwa dia menyukai kamu.

Karena dengan tertawa menghadap ke kamu, secara tidak langsung bahwa dia ingin membagikan energi kebahagiaan yang sedang dia dapatkan itu kepadamu.

Selain itu dia juga secara tidak sadar sedang ingin menunjukkan kepada kamu bagaimana wajahnya ketika sedang tertawa.

Maksudnya itu cenderung ke “ini lo mukaku, liat nih, manis gak waktu ketawa kayak gini”.

Mungkin ini merupakan hal yang sulit ya jika kamu sendiri memang tidak pandai melucu...

Ada sih solusinya...

Coba deh setel video acara komedi di TV atau jika memang kamu jauh dari TV kamu bisa youtube untuk mencari acara TV yang lucu-lucu buat kalian tonton bersama.

5. Perhatikan bibirnya

Ketika si dia tertarik sama kamu, biasanya dia secara gak sadar akan menggigit-gigit bibirnya...

Jika dia tidak menggigit bibirnya itu, dia akan memegangi bibirnya.

Yap, itu pun juga dilakukan tanpa kesadaran.

Biasanya sih yang melakukan ini merupakan cewek.

Kalau cowok yang melakukan ini, ya pasti aneh sih...

Nah kenapa sih cewek ngelakuin itu?

Ya secara gak sadar sih buat narik perhatian si cowok yang dia suka...

... walaupun itu dilakukannya tanpa sadar juga seh...

Oh iya ada lagi sih dari bibir yang perlu diperhatikan...

Yaitu warna bibirnya, biasanya warnanya akan menjadi lebih merah, bukan karena lipstik yang aku maksud, tapi warna asli dari bibirnya...

Mungkin ini bakal susah jika dia menggunakan lipstik apabila dia cewek, sementara untuk cowok adalah ketika cowok itu merupakan perokok berat...

Kenapa perokok? Karena biasanya perokok itu bibirnya cenderung berwarna lebih gelap.

6. Meniru gerakanmu

Jika dia suka sama kamu, biasanya dia akan secara tidak sadar akan meniru gerakan-gerakan yang telah kamu lakukan.

Misalnya kamu membetulkan rambutmu, maka selang beberapa detik kemudian dia akan membetulkan rambutnya juga.

Tapi tidak langsung begitu saja dia melakukannya...

Jika kamu berpikirnya bahwa dia akan langsung menirukan gerakanmu persis pada saat kamu melakukan gerakan, kamu salah...

Jika dia melakukan itu maka dia sedang melakukan mirrorring dengan kamu.

Dan sudah jelas kamu akan merasa tidak nyaman dengan apa yang dia lakukan itu.

Jika kamu gak percaya, coba deh suruh temanmu meniru gerakanmu, lebih tepatnya membuatmu seperti berkaca kepada dirimu sendiri...

Atau mungkin yang lebih ekstrim adalah kamu meniru gerakan temanmu itu tanpa seijinnya...

Dijamin dia tidak akan nyaman dengan apa yang kamu lakukan.

Yang perlu kamu ingat adalah orang yang tertarik sama kamu ini akan menirukan gerakanmu setelah selang waktu yang bisa dibilang tak begitu lama dari sejak kamu melakukan gerakanmu.

7. Bermain dengan rambutnya

Biasanya dia yang suka tertarik sama kamu, maka dia akan secara tidak sadar akan memainkan rambutnya.

Padahal ya rambutnya sendiri gak ada masalah, masih rapi, cuma kok malah dimainin...

Entah dia rapikan atau mungkin dia putar-putar rambutnya...

Sudah tentu yang biasanya sampai bisa putar-putar rambutnya itu orang-orang yang punya rambut panjang, dan untuk cewek ya ceweknya bukan yang pake jilbab...

Gimana mau muter-muterin rambut kalau rambutnya aja ketutupan?

Ya berhubung mayoritas cowok itu rambutnya pendek, jadi susah sekali buat mainan rambutnya...

Hal yang paling masuk akal untuk dilakukan cowok di rambutnya ya kurang lebih adalah menyisir rambutnya dengan tangannya.

Oh iya, ingatkah kamu dengan istilah rambut itu merupakan mahkota?

Mungkin istilah ini ada benarnya sih...

Jika mahkota itu ditaruh dengan rapi, pasti akan terlihat jauh lebih menarik.

8. Intonasi suaranya berubah

Orang yang suka sama kamu maka akan secara tidak langsung cara bicaranya akan berubah.

Berubah menjadi lebih lembut.

Selain itu juga biasanya dia akan secara tidak sadar akan menyamakan pola berbicaranya dengan polamu berbicara.

Pola tersebut merupakan gabungan antara kecepatan berbicara, bagaimana lembutnya kamu bicara kepadanya, dan nada yang kamu gunakan untuk berbicara kepadanya akan dia tiru.

Yang jelas kamu perlu memperhatikan terlebih dahulu bagaimana cara bicaranya kepada orang lain sebelum kamu bisa menyimpulkan bahwa dia cara bicaranya berubah...

9. Menyingkirkan penghalang yang ada di antara kalian

Agar pembicaraan antara kalian berdua itu bisa menjadi lebih enak, kadang-kadang secara tanpa sadar dia akan menyingkirkan barang-barang yang menghalangi kalian.

Misalnya dia sedang mengerjakan tugas di kantin menggunakan laptop, ketika kamu datang dan mengajaknya bicara, maka dia akan secara tidak sadar akan menutup setengah dari laptopnya.

Atau mungkin justru malah dia langsung menyingkirkan laptopnya begitu saja.

Namun ada juga yang perlu diperhatikan...

Pastikan bahwa dia tidak sedang mengerjakan tugas penting.

Jika dia sedang mengerjakan tugas, ada baiknya jika kamu yang pergi...

Berikanlah dia waktu untuk menyelesaikan tugas-tugasnya terlebih dahulu.

Oh iya...

Sebenarnya tidak hanya laptop saja yang mungkin akan dia singkirkan...

Melainkan jika di depannya ada piring kosong bekas makanannya, maka dia juga secara tidak langsung akan menyingkirkan piring tersebut.

Intinya adalah jika dia memang merasa nyaman dengan keberadaanmu di sekitarnya serta dia sendiri tertarik dengan topik yang sedang dibicarakan, maka akan secara tidak langsung dia akan menyingkirkan halangan yang ada di antara kalian berdua.

Sebaliknya, jika dia merasa tidak nyaman dengna keberadaanmu atau justru merasa terancam, terutama dengan topik pembicaraan kalian, maka pasti akan secara tidak langsung dia tidak akan menyingkirkan apapun yang ada di antara kalian.

Atau mungkin jika awalnya dia merasa nyaman, kemudian kamu salah angkat topik, maka dia akan menaruh “penghalang” di antara kalian.

10. Perhatikan kakinya

Saat kamu bicara dengannya, coba deh sesekali perhatikan kakinya jika memang memungkinkan.

Kenapa saya bilang memungkinkan? Coba deh kamu ingat-ingat, jika kamu memiliki kesempatan menghabiskan waktu dengannya yang di mana kamu bisa memperhatikan kaki dari lawan bicaramu, terutama untuk bisa bicara secara berhadap-hadapan?

Yang jelas itu jarang sekali...

Coba deh kamu ingat, jika kamu ke tempat makan, pasti ada meja, kaki jadi tertutup kan...

Mungkin yang paling masuk akal adalah pada saat kamu dan dia sedang berada di kereta perjalanan jarak jauh, karena kalian bisa duduk secara berhadap-hadapan dan tanpa terhalang meja...

Namun jangan khawatir, saya akan tetap beritahu apa yang harus diperhatikan kok, barangkali kamu bisa menemukan tempat yang enak untuk menghabiskan waktu bersama yang di mana kamu bisa memperhatikan kakinya secara leluasa.

Jika dia tertarik kepadamu maka kakinya akan menunjuk ke arahmu.

Jika tidak, maka kakinya tidak akan sama sekali mengarah kepadamu.

11. Jangan terlalu membaca gerakan tubuhnya

Loh kok jangan terlalu membaca gerakan tubuhnya?

Iya, jika kamu mencoba membaca bahasa tubuhnya secara terus menerus maka kamu tidak akan begitu menikmati waktu kebersamaanmu dengannya.

Selain itu jika kamu terus-terusan membaca gerakan tubuhnya, sebenarnya secara tidak langsung dia juga membaca bahasa tubuhmu juga.

Jadi ada baiknya jika kamu melakukan aktifitas ini tidak terlalu sering.

Maksudnya misal 5 menit sekali cek salah satu gerakan tubuhnya, memperhatikannya juga jangan terlalu lama, sebenarnya beberapa detik saja cukup sih.

Atau mungkin yang lebih keren, kamu mengingat semua kejadian pada saat kamu bersamanya.

Jadi setelah kamu sudah menghabiskan waktu bersamanya, mungkin pada saat perjalanan pulang atau mungkin pada saat kamu sudah di rumah, coba deh ingat-ingat apa saja yang kamu lihat pada saat bersamanya...

Mungkin cara yang ini tidak begitu cocok untuk kamu yang suka lupa...

Tapi ya masak sih selupa-lupanya kamu sama kejadian gak ada satupun kejadian yang kamu ingat pada saat kamu bersamanya?

Jika memang susah untuk mengigatnya, ada baiknya kamu membuat aktivitas yang berkesan untuk kalian berdua saja...

Seperti main rafting bareng atau bagaimana gitu...

Yang penting asik sih menurutku

Ngapain sih ribet-ribet harus ngelakuin itu?

Ya apalagi jika tujuannya agar kamu tetap bisa mengigat semua kejadiannya, terutama yang berkesan untuk kamu...

Bisa juga sih nantinya itu menjadi bahan cerita kalian berdua pada saat kalian berdua ingin mengingat masa lalu.

Jadi setelah kamu mengetahui bahasa tubuh dari orang yang suka sama kamu, kamu jadi tahu kan apa saja yang perlu diperhatikan...

Namun kamu juga perlu ingat sebenarnya...

Yaitu kamu harus mengigat semua ciri-ciri tersebut dan mengusahakan untuk melihat tanda-tanda itu di waktu yang tepat.

Maksudnya itu pas kamu mau memperhatikan gerakan tubuhnya pas juga dia ngasih sinyal...

Iya, ini memang sulit...

Sangat sulit...

Yang membuat itu sulit adalah karena bahasa tubuh itu hanya dikeluarkan dalam waktu yang singkat...

Jadi ada kemungkinan bahwa kamu tak akan menyadari jika dia sedang mengirimkan sinyal.

Tapi tenang, yang jelas ini masih masuk akal untuk dilakukan, yang penting kamu coba belajar menjadi peka saja...

Jika kamu merupakan seorang cowok, sudah pasti juga kamu akan dicap gak peka walaupun sebenarnya kamu sangat peka...

Ada baiknya kamu juga baca 14 ciri orang yang suka sama kita untuk mengetahui ciri-ciri yang lebih lengkap lagi.

Istilahnya sebagai indikator tambahan saja supaya kamu semakin yakin jika dia benar-benar suka kepadamu...

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon