Thursday, April 5, 2018

11 Bahasa Tubuh Orang yang Suka Sama Kita

Ketika sedang suka kepada seseorang biasanya orang-orang melakukan hal-hal yang dilakukan tanpa kesadarannya.

Ya itu lah yang dinamakan bahasa tubuh.

Menariknya bahasa tubuh ini sebenarnya sangat susah untuk dimanipulasi sehingga bisa dibilang kamu akan bisa mendapatkan jawaban paling jujur apabila kamu berhasil mengetahui bahasa tubuhnya.

Jika seseorang tertarik kepadamu maka dia juga akan secara tidak langsung melakukan hal-hal yang mungkin kamu sendiri sudah pernah melihatnya, tapi kamu sendiri gak begitu tahu apa artinya.

Ada baiknya kamu baca ini dulu deh supaya tahu arti gerakan-gerakan tertentu yang mungkin merupakan sebuah sinyal bahwa dia suka kepadamu.

1. Gak berani melihat matamu

Biasanya orang yang suka sama kamu itu kebanyakan malu buat langsung menatap langsung matamu.

Tapi jika misal dia sama sekali tak melepaskan pandangannya ke kamu sepanjang waktu, maka ada baiknya kamu takut, terus gak perlu ketemu dia lagi...

Karena kemungkinan besar dia merupakan psikopat.

Oh iya...

Jika kamu bisa memerhatikan pupil matanya, jika memang dia suka sama kamu, maka pupilnya akan membesar.

Seakan matanya mengatakan “lihat aku lebih dekat”.

Oh iya, pernah tahu konsep depth of field yang biasanya ada di dunia fotografi?

Nah peran pupilnya yang membesar itu bagaikan bukaan diafragma lensa kamera yang semakin membesar.

Dengan membesarnya ukuran lubang diafragma akan memberikan efek kabur pada background dan nantinya objek utama yang sedang dilihatnya itu menjadi semakin jelas.

Apa objek utama yang sedang dia lihat? Tidak lain dan tidak bukan adalah kamu.

Berhubung dia gak begitu berani untuk melihat matamu, sudah dapat dipastikan dia hanya akan curi-curi pandang ke kamu.

Berhubung kamu juga perlu untuk memperhatikan matanya, jadi kamu juga ada bagusnya kalau curi-curi pandang juga sih...

2. Kasih sentuhan ringan ke kamu

Orang yang suka sama kamu kadang bakal secara gak sadar bakal nyentuh bagian tubuhmu...

Bukan dalam artian mesum lo ya.

Sentuhan ini bisa seperti misalnya dia betulin kerah baju kamu yang gak bener...

Atau mungkin ketika kalian bercanda dia memukulmu secara lembut...

Pokoknya dia bakal menyentuhmu baik secara sadar atau tidak.

Tidak menutup kemungkinan sih jika dia tiba-tiba pegang lembut tanganmu, entah itu buat gandeng kamu atau mungkin cuma sekedar pegangan tangan...

Yang penting tangan kalian berdua bersentuhan tanpa disadari.

3. Tubuhnya mendekat ke arah kamu

Tanpa disadari jika orang sedang tertarik dengan orang lainnya yang ada di dekatnya, maka dia akan secara tidak langsung mencondongkan badannya ke arah orang yang dia suka itu.

Bukan tidak mungkin jika dia akan melakukan hal itu juga ke kamu.

Sebenarnya tidak selalu harus tertarik kepada seseorang untuk membuat orang itu lebih mendekat ke subjeknya...

Jika orang itu tertarik dengan topik pembahasan yang sedang dilakukan.

Jadi untuk mengetes apakah dia benar-benar tertarik kepadamu atau cuma sekedar tertarik dengan topik yang sedang kalian bahas anda mencoba untuk membahas banyak hal.

Cuma memang hal ini tidak bisa diperhatikan dalam sekali dua kali percobaan, oleh sebab itu ada baiknya untuk lebih bersabar.

Jika memang kamu gak punya ide untuk bahas apa ke dia, ada baiknya kamu pelajari dulu apa yang dia suka supaya kamu seenggaknya bisa browsing dulu tentang topik itu.

Misal jika dia hobi berenang, mungkin kamu bisa tanya-tanya sukanya gaya apa atau mungkin kamu tanya sukanya berenang di mana...

Kalaupun misalnya kamu gak bisa berenang, mungkin bisa lah minta diajarin berenang sama dia.

4. Jika ketawa, wajahnya pasti ke arah kamu

Jika ada hal lucu yang sedang terjadi di dekat kalian dan akhirnya mampu membuatmu tertawa, coba deh perhatikan wajahnya...

Perhatikan wajahnya pada saat dia tertawa, apakah mengarah kepadamu atau tidak.

Jika iya, ada kemungkinan bahwa dia menyukai kamu.

Karena dengan tertawa menghadap ke kamu, secara tidak langsung bahwa dia ingin membagikan energi kebahagiaan yang sedang dia dapatkan itu kepadamu.

Selain itu dia juga secara tidak sadar sedang ingin menunjukkan kepada kamu bagaimana wajahnya ketika sedang tertawa.

Maksudnya itu cenderung ke “ini lo mukaku, liat nih, manis gak waktu ketawa kayak gini”.

Mungkin ini merupakan hal yang sulit ya jika kamu sendiri memang tidak pandai melucu...

Ada sih solusinya...

Coba deh setel video acara komedi di TV atau jika memang kamu jauh dari TV kamu bisa youtube untuk mencari acara TV yang lucu-lucu buat kalian tonton bersama.

5. Perhatikan bibirnya

Ketika si dia tertarik sama kamu, biasanya dia secara gak sadar akan menggigit-gigit bibirnya...

Jika dia tidak menggigit bibirnya itu, dia akan memegangi bibirnya.

Yap, itu pun juga dilakukan tanpa kesadaran.

Biasanya sih yang melakukan ini merupakan cewek.

Kalau cowok yang melakukan ini, ya pasti aneh sih...

Nah kenapa sih cewek ngelakuin itu?

Ya secara gak sadar sih buat narik perhatian si cowok yang dia suka...

... walaupun itu dilakukannya tanpa sadar juga seh...

Oh iya ada lagi sih dari bibir yang perlu diperhatikan...

Yaitu warna bibirnya, biasanya warnanya akan menjadi lebih merah, bukan karena lipstik yang aku maksud, tapi warna asli dari bibirnya...

Mungkin ini bakal susah jika dia menggunakan lipstik apabila dia cewek, sementara untuk cowok adalah ketika cowok itu merupakan perokok berat...

Kenapa perokok? Karena biasanya perokok itu bibirnya cenderung berwarna lebih gelap.

6. Meniru gerakanmu

Jika dia suka sama kamu, biasanya dia akan secara tidak sadar akan meniru gerakan-gerakan yang telah kamu lakukan.

Misalnya kamu membetulkan rambutmu, maka selang beberapa detik kemudian dia akan membetulkan rambutnya juga.

Tapi tidak langsung begitu saja dia melakukannya...

Jika kamu berpikirnya bahwa dia akan langsung menirukan gerakanmu persis pada saat kamu melakukan gerakan, kamu salah...

Jika dia melakukan itu maka dia sedang melakukan mirrorring dengan kamu.

Dan sudah jelas kamu akan merasa tidak nyaman dengan apa yang dia lakukan itu.

Jika kamu gak percaya, coba deh suruh temanmu meniru gerakanmu, lebih tepatnya membuatmu seperti berkaca kepada dirimu sendiri...

Atau mungkin yang lebih ekstrim adalah kamu meniru gerakan temanmu itu tanpa seijinnya...

Dijamin dia tidak akan nyaman dengan apa yang kamu lakukan.

Yang perlu kamu ingat adalah orang yang tertarik sama kamu ini akan menirukan gerakanmu setelah selang waktu yang bisa dibilang tak begitu lama dari sejak kamu melakukan gerakanmu.

7. Bermain dengan rambutnya

Biasanya dia yang suka tertarik sama kamu, maka dia akan secara tidak sadar akan memainkan rambutnya.

Padahal ya rambutnya sendiri gak ada masalah, masih rapi, cuma kok malah dimainin...

Entah dia rapikan atau mungkin dia putar-putar rambutnya...

Sudah tentu yang biasanya sampai bisa putar-putar rambutnya itu orang-orang yang punya rambut panjang, dan untuk cewek ya ceweknya bukan yang pake jilbab...

Gimana mau muter-muterin rambut kalau rambutnya aja ketutupan?

Ya berhubung mayoritas cowok itu rambutnya pendek, jadi susah sekali buat mainan rambutnya...

Hal yang paling masuk akal untuk dilakukan cowok di rambutnya ya kurang lebih adalah menyisir rambutnya dengan tangannya.

Oh iya, ingatkah kamu dengan istilah rambut itu merupakan mahkota?

Mungkin istilah ini ada benarnya sih...

Jika mahkota itu ditaruh dengan rapi, pasti akan terlihat jauh lebih menarik.

8. Intonasi suaranya berubah

Orang yang suka sama kamu maka akan secara tidak langsung cara bicaranya akan berubah.

Berubah menjadi lebih lembut.

Selain itu juga biasanya dia akan secara tidak sadar akan menyamakan pola berbicaranya dengan polamu berbicara.

Pola tersebut merupakan gabungan antara kecepatan berbicara, bagaimana lembutnya kamu bicara kepadanya, dan nada yang kamu gunakan untuk berbicara kepadanya akan dia tiru.

Yang jelas kamu perlu memperhatikan terlebih dahulu bagaimana cara bicaranya kepada orang lain sebelum kamu bisa menyimpulkan bahwa dia cara bicaranya berubah...

9. Menyingkirkan penghalang yang ada di antara kalian

Agar pembicaraan antara kalian berdua itu bisa menjadi lebih enak, kadang-kadang secara tanpa sadar dia akan menyingkirkan barang-barang yang menghalangi kalian.

Misalnya dia sedang mengerjakan tugas di kantin menggunakan laptop, ketika kamu datang dan mengajaknya bicara, maka dia akan secara tidak sadar akan menutup setengah dari laptopnya.

Atau mungkin justru malah dia langsung menyingkirkan laptopnya begitu saja.

Namun ada juga yang perlu diperhatikan...

Pastikan bahwa dia tidak sedang mengerjakan tugas penting.

Jika dia sedang mengerjakan tugas, ada baiknya jika kamu yang pergi...

Berikanlah dia waktu untuk menyelesaikan tugas-tugasnya terlebih dahulu.

Oh iya...

Sebenarnya tidak hanya laptop saja yang mungkin akan dia singkirkan...

Melainkan jika di depannya ada piring kosong bekas makanannya, maka dia juga secara tidak langsung akan menyingkirkan piring tersebut.

Intinya adalah jika dia memang merasa nyaman dengan keberadaanmu di sekitarnya serta dia sendiri tertarik dengan topik yang sedang dibicarakan, maka akan secara tidak langsung dia akan menyingkirkan halangan yang ada di antara kalian berdua.

Sebaliknya, jika dia merasa tidak nyaman dengna keberadaanmu atau justru merasa terancam, terutama dengan topik pembicaraan kalian, maka pasti akan secara tidak langsung dia tidak akan menyingkirkan apapun yang ada di antara kalian.

Atau mungkin jika awalnya dia merasa nyaman, kemudian kamu salah angkat topik, maka dia akan menaruh “penghalang” di antara kalian.

10. Perhatikan kakinya

Saat kamu bicara dengannya, coba deh sesekali perhatikan kakinya jika memang memungkinkan.

Kenapa saya bilang memungkinkan? Coba deh kamu ingat-ingat, jika kamu memiliki kesempatan menghabiskan waktu dengannya yang di mana kamu bisa memperhatikan kaki dari lawan bicaramu, terutama untuk bisa bicara secara berhadap-hadapan?

Yang jelas itu jarang sekali...

Coba deh kamu ingat, jika kamu ke tempat makan, pasti ada meja, kaki jadi tertutup kan...

Mungkin yang paling masuk akal adalah pada saat kamu dan dia sedang berada di kereta perjalanan jarak jauh, karena kalian bisa duduk secara berhadap-hadapan dan tanpa terhalang meja...

Namun jangan khawatir, saya akan tetap beritahu apa yang harus diperhatikan kok, barangkali kamu bisa menemukan tempat yang enak untuk menghabiskan waktu bersama yang di mana kamu bisa memperhatikan kakinya secara leluasa.

Jika dia tertarik kepadamu maka kakinya akan menunjuk ke arahmu.

Jika tidak, maka kakinya tidak akan sama sekali mengarah kepadamu.

11. Jangan terlalu membaca gerakan tubuhnya

Loh kok jangan terlalu membaca gerakan tubuhnya?

Iya, jika kamu mencoba membaca bahasa tubuhnya secara terus menerus maka kamu tidak akan begitu menikmati waktu kebersamaanmu dengannya.

Selain itu jika kamu terus-terusan membaca gerakan tubuhnya, sebenarnya secara tidak langsung dia juga membaca bahasa tubuhmu juga.

Jadi ada baiknya jika kamu melakukan aktifitas ini tidak terlalu sering.

Maksudnya misal 5 menit sekali cek salah satu gerakan tubuhnya, memperhatikannya juga jangan terlalu lama, sebenarnya beberapa detik saja cukup sih.

Atau mungkin yang lebih keren, kamu mengingat semua kejadian pada saat kamu bersamanya.

Jadi setelah kamu sudah menghabiskan waktu bersamanya, mungkin pada saat perjalanan pulang atau mungkin pada saat kamu sudah di rumah, coba deh ingat-ingat apa saja yang kamu lihat pada saat bersamanya...

Mungkin cara yang ini tidak begitu cocok untuk kamu yang suka lupa...

Tapi ya masak sih selupa-lupanya kamu sama kejadian gak ada satupun kejadian yang kamu ingat pada saat kamu bersamanya?

Jika memang susah untuk mengigatnya, ada baiknya kamu membuat aktivitas yang berkesan untuk kalian berdua saja...

Seperti main rafting bareng atau bagaimana gitu...

Yang penting asik sih menurutku

Ngapain sih ribet-ribet harus ngelakuin itu?

Ya apalagi jika tujuannya agar kamu tetap bisa mengigat semua kejadiannya, terutama yang berkesan untuk kamu...

Bisa juga sih nantinya itu menjadi bahan cerita kalian berdua pada saat kalian berdua ingin mengingat masa lalu.

Jadi setelah kamu mengetahui bahasa tubuh dari orang yang suka sama kamu, kamu jadi tahu kan apa saja yang perlu diperhatikan...

Namun kamu juga perlu ingat sebenarnya...

Yaitu kamu harus mengigat semua ciri-ciri tersebut dan mengusahakan untuk melihat tanda-tanda itu di waktu yang tepat.

Maksudnya itu pas kamu mau memperhatikan gerakan tubuhnya pas juga dia ngasih sinyal...

Iya, ini memang sulit...

Sangat sulit...

Yang membuat itu sulit adalah karena bahasa tubuh itu hanya dikeluarkan dalam waktu yang singkat...

Jadi ada kemungkinan bahwa kamu tak akan menyadari jika dia sedang mengirimkan sinyal.

Tapi tenang, yang jelas ini masih masuk akal untuk dilakukan, yang penting kamu coba belajar menjadi peka saja...

Jika kamu merupakan seorang cowok, sudah pasti juga kamu akan dicap gak peka walaupun sebenarnya kamu sangat peka...

Ada baiknya kamu juga baca 14 ciri orang yang suka sama kita untuk mengetahui ciri-ciri yang lebih lengkap lagi.

Istilahnya sebagai indikator tambahan saja supaya kamu semakin yakin jika dia benar-benar suka kepadamu...

Thursday, February 1, 2018

14 Ciri-Ciri Orang Suka Sama Kita

Tanpa disadari, kita semua selalu penasaran siapa sih orang-orang yang suka sama kita.

Apalagi jika kamu sendiri juga masih merupakan seorang jomblo yang belum punya pasangan...

Jangankan pacar, gebetan aja belum punya...

Mangkanya itu, kalo tahu ada orang yang lagi suka sama kamu, pasti kamunya bakal girang...

... apalagi kalau jomblonya itu sudah terlalu lama...

Orang yang suka sama kita itu bisa ada di mana saja asalnya...

Bisa jadi orang-orang yang suka sama kita itu merupakan orang yang satu kelas dengan kita atau mungkin juga orang-orang satu tempat kerja kita...

Namun ada sebagian dari mereka yang tidak kunjung mengatakan kepada kamu tentang perasaannya...

Entah mungkin karena malu atau mungkin mereka gengsi untuk mengungkapkannya yang akhirnya menyebabkan mereka hanya bisa secara diam-diam saja menyukai kamu.

Tapi, untungnya walaupun orang-orang yang menyukai kamu itu walaupun tidak mengungkapkan perasaannya kepadamu, masih ada kok tanda-tanda yang bisa diperhatikan yang akhirnya bisa bikin kamu tau apa siapa aja sih yang suka sama kamu...

Peringatan!!

Mungkin ini akan menjadi artikel yang sangat panjang, jadi ada baiknya kamu mempersiapkan mental untuk membaca semua tanda-tanda dari orang-orang itu.

Yang terpenting adalah kamu gak perlu baca ini terburu-buru, takutnya banyak informasi yang sudah aku selipin di setiap bagian artikel ini malah gak kebaca sama kamu gara-gara kamu bacanya terburu-buru...

1. Mencoba jadi pahlawan

Namanya juga orang lagi suka sama kamu, dia sudah pasti berusaha buat bantuin kamu waktu kamu lagi ada masalah.

Walaupun membantumu itu sama sekali tak memberikan keuntungan apa-apa buat dia, dia bakal lakuin itu buat kamu.

Jika misal kamu perlu pinjam beberapa barangnya, sudah pasti dia bakal pinjamin barang itu ke kamu.

Bahkan kadang itu kamunya belum minta, tapi sudah dipinjami barangnya...

Kurang peka apa coba kalo ada yang seperti itu?

Yang dipikirannya itu hanyalah kamu tak bisa keluar dari masalah itu.

Setelah dia berusaha menjadi pahlawan buat kamu, kalau misalnya kamu bicarain orang lain yang masih lawan jenismu, pasti dia akan terlihat cemburu.

Misalnya kamu cewek, sementara kamu sendiri bicarain cowok lain, maka cowok yang lagi deketin kamu itu pasti akan merasa cemburu.

Kadang dia akan menunjukkan ekspresi ketidaknyamanannya (baca: cemburu)...

Cara dia menunjukkan ketidaknyamanannya bisa secara lisan, seperti ini
“ah bicarain dia lagi, gak ada topik lain nih?”
Atau mungkin seperti ini
“Kalau kamu bicarain dia lagi, aku pergi aja deh”.

2. Lihat tingkah lakunya

Jika ada orang yang suka sama kamu, coba deh perhatikan tingkah lakunya...

Pasti terlihat beda.

Apalagi jika kamu punya kesempatan buat perlakuannya dia ke orang lain itu seperti apa...

Dia pasti bakal bertingkah lebih manis, lebih lembut cuma buat kamu.

Selain itu, dia akan cari-cari alasan supaya bisa bertemu dengan kamu.

Misalnya seperti minta dipinjami buku kek atau minta ditemani ke suatu tempat gitu, yang jelas apa aja supaya bisa ketemu sama kamu.

Jika misal dia bukan tipe orang yang suka mengajak keluar, jika kamu ingin ketemu sama dia, dia pasti ada aja waktu buat kamu.

Kamu minta ditemani ke mana gitu kemungkinan besar dia akan mengiyakan ajakanmu itu.

Setelah bisa minta waktunya hampir kapan saja, coba deh kamu perhatikan gerak-geriknya, pasti dia akan diam-diam memerhatikan kamu.

Yang diperhatikan itu bisa cara berpakaianmu, makanan atau minuman yang kamu beli, macem-macem deh pokoknya...

3. Ceria waktu di dekat kamu

Siapa sih yang gak bahagia kalau bisa dekat sama orang yang dia suka?

Pasti dong semuanya ceria, dan tentunya dia juga pasti akan ceria waktu berada di dekatmu.

Mungkin dia sama sekali tak menunjukkan kebahagiaannya itu.

Masak sih kamu gak bisa sadar kalau dia bahagia bisa ada di dekat kamu?

Kalau kamu sama sekali tak bisa merasakan bagaimana bahagianya dia sewaktu ada di dekatmu, sepertinya kamu merupakan orang yang kurang peka...

... masak orang yang kurang peka berharap bisa dapat orang yang peka gitu?

Kok rasanya kurang adil yak, hehehe...

Maka dari itu ada baiknya kamu juga perlu belajar gimana sih caranya jadi orang yang peka...

Walaupun mungkin kamu jomblo menahun, kamu juga perlu kepekaan, setidaknya kamu peka sama kondisi lingkungan yang ada di sekitarmu...

4. Caper

Biasanya orang yang sedang suka sama seseorang, apalagi sedang jatuh cinta, biasanya bakalan berusaha buat cari perhatian.

Tujuannya ya cuma biar dia bisa dapetin perhatian dari kamu.

Kadang caranya caper adalah dengan menjahili kamu...

Jadi jika kamu sering dijahili olehnya, kamu harus lihat, apakah dia memang suka sama kamu atau hanya ingin membully-mu semata...

Yang jelas dia ingin selalu bisa terus berkomunikasi sama kamu, entah itu sekedar telpon ataupun chat...

Tapi sebenarnya gak semua orang sih yang bakalan caper...

Biasanya sih dari kalangan introvert atau mungkin dari orang-orang pemalu yang gak bakal cari-cari perhatianmu.

Introvert sekalipun ya sebenarnya bisa juga sih caper, tapi dia harus beneran tertarik sama kamu dulu, baru ada kemungkinan bisa cari-cari perhatian dari kamu.

Cuma kalau misalnya kamu ngerti ada orang yang suka sama kamu, tapi dia itu malu atau mungkin introvert, coba deh sesekali kamu kasih perhatian ke dia...

Sudah dijamin dia bakal bahagia banget.

5. Walaupun cuek, aslinya tetep ngarep kamu ajak ngobrol lo

Kadang memang ada orang-orang yang suka sama kamu itu ternyata orang yang cuek...

Maksudnya itu gak begitu caper ke kamu gitu...

Bisa jadi dia sungkan atau mungkin dia sendiri tak tahu harus ngobrolin apa ke kamu.

Coba deh kamu sekali-kali ajak ngobrol dia, pasti dia bakal seneng banget.

Selain itu, dia juga akan asyik kok kalau diajak ngomong.

Apa topik yang mau diobrolin?

Terserah sih, mungkin kamu coba ngobrol masalah cuaca atau mungkin segala sesuatu tentang perkuliahan mungkin bisa bantu kamu cari topik...

Mungkin kamu juga bisa curhatin masalah yang sedang kamu alami, sudah tentu dia akan mendengarkanmu, dan berusaha untuk memberikan solusi terbaik untuk kamu.

Kalaupun kamu sama sekali tak bisa mendekatinya jika bertemu dia karena posisi kalian agak jauh, sekedar melambaikan tangan ke arahnya saja dia akan dengan cepat merespon.

Namun dengan catatan yaitu dia tahu kamu sedang melambaikan tangan ke arahnya...

Jika dia saja sama sekali tak tahu bila kamu sedang melambaikan tangan ke arahnya, kamu lagi ngapain coba? Hehehe...

6. Cepat balas chat

Sebenarnya ini juga masih sambungan dari poin nomor empat tadi sih...

Dia yang sedang suka sama kamu juga bakal balas chat kamu secepat mungkin.

Karena dia sendiri sebenarnya sudah menunggu balasan chatmu.

Namun jika dia sedang sibuk, bukan tidak mungkin waktu tahu kamu chat dia tapi lama tidak bisa dia balas, pasti dia akan merasa kecewa sedih, berharap waktu bisa dimundurkan supaya dia bisa balas chatmu secepatnya.

Biar kamu tak perlu mengunggu terlalu lama.

Padahal belum tentu kamu juga menunggu balasan chat dari dia.

7. Kelihatan beda waktu berhadapan sama kamu

Yah ini lazim sekali terjadi...

Tak peduli dia mau introvert ataupun extrovert...

Yang jelas malu-malu pada saat bertemu dengan orang yang disuka itu adalah sesuatu yang biasa terjadi...

Yang membuat dia menjadi malu-malu itu karena dia sendiri grogi waktu ketemu sama kamu...

Kalau ini tak terjadi, dijamin rasanya bakalan aneh.

Cuma lucu ya, padahal pengen banget bisa ketemuan, eh sekalinya ketemu malah malu-malu...

Seakan menjadi orang yang plin-plan, cuma ya mau bagaimana lagi, emang nyatanya juga seperti itu...

Jika kamu ingin mengamati kejadian ini sih sangat mungkin dengan minta bantuan orang lain yang bisa mengawasi kalian berdua dari jauh gitu...

Kenapa orang yang posisinya jauh? Karena jika dilakukan sendiri seh bukan tidak mungkin, melainkan itu susah sekali...

Apalagi jika kamu ternyata juga malu-malu...

Dijamin deh kamu bakal blank...

Mau ngapain juga gak tahu...

Oh iya, kadang juga ada orang yang grogi itu si dia cuma otak-atik hpnya aja...

Jika dia sudah seperti itu, sepertinya itu pertanda kalu kamu harus kasih dia topik pembicaraan.

8. Stalking semua akun media sosial

Karena dia tertarik dengan segala sesuatunya tentang kamu, maka dia akan mencari tahu segala sesuatu itu.

Salah satu cara paling gampang di zaman sekarang ini adalah dengan stalking akun-akun sosial media.

Sudah pasti dia juga akan melakukan hal ini agar dia tahu segala sesuatu tentang kamu.

Jika sudah tahu segala sesuatunya tentang aku terus dia mau apa?

Yang jelas sih tujuannya adalah biar dia  bisa dengan gampang menyesuaikan diri sama kamu.

Kan dia sudah tahu apa aja yang kamu suka sama yang kamu gak suka, selain itu kalau kamu mungkin suka dikit-dikit update status, mungkin ini bakal bisa bikin dia tahu apa yang sedang kamu rasakan sekarang.

9. Lihat sikap ketertarikannya

Biasanya, orang yang suka sama kamu itu bakal berusaha buat nyamain kesukaannya sama kesukaanmu.

Ini biasanya dilakuin jika dia bisa mendapatkan informasi penting tentang kamu, apalagi jika bukan apa yang menjadi kesukaanmu itu...

Dia bakalan berusaha untuk suka apa yang kamu suka.

Tujuannya biar apa sih kok nyamain kesukaan segala?

Ya barangkali aja dengan dia bisa suka hal yang sama seperti kamu, maka nanti waktu kamu mau bahas tentang apa yang kamu suka itu bakalan bisa nyambung gitu.

Selain itu, bisa jadi juga itu jadi sarananya supaya bisa mendapatkan hobi baru.

Misalnya kamu suka Drama Korea, maka dia bakal coba buat nonton satu atau dua film, apalagi jika dia tahu (atau mungkin kamu kasihtahu) judul dari Drama Korea yang kamu suka...

Udah pasti dia bakalan coba buat nontonin beberapa episode dulu...

... mungkin nyoba nontonnya malah sampai tamat...

Atau mungkin kamu suka sekali dengan band tertentu, maka dia pasti juga bakal pengen ngerti lagu-lagu dari band yang kamu suka itu sebagus apa sih? Barangkali dia juga bisa jatuh cinta sama lagu-lagunya seperti kamu jatuh cinta sama lagu-lagu itu...

Oh iya, ada lagi sih sebenarnya...

Jika kamu bisa mengingatnya, coba deh kamu ingat bagaiamana setiap kali kalian saling bicara...

Biasanya sih cara bicaranya akan menjadi lebih lembut dibandingkan jika dia bicara dengan orang lain.

Walaupun se-brandal apapun orang itu, jika bersama dengan orang yang dia suka, biasanya dia bakal menunjukkan sisi lembutnya.

Biar targetnya dia makin tertarik ke dia tentunya.

10. Bahasa tubuh

Kalau bahasa tubuh ini ada baiknya sih aku bahas di artikel tersendiri aja kali yak?

Soalnya kalau misal dimasukin ke sini itu bakal bikin artikelnya kepanjangan.

Yang jelas sih intinya dia bahasa tubuhnya itu cenderung lebih terbuka kepadamu, dibandingkan kepada orang lain.

Bahasa tubuh yang terbuka ini maksudnya tidak secara langsung melakukan tindakan defensif alias mempertahankan diri...

Untuk itu ada baiknya kamu baca ini: 11 Bahasa Tubuh Orang yang Suka Sama Kita

11. Selalu ingat hal-hal kecil dari dirimu

Biasanaya orang yang suka sama kamu itu orangnya bakalan inget banyak hal tentang kamu.

Gak menutup kemungkinan juga dia bakal ingat sama kejadian-kejadian yang kamu sendiri aja sudah lupa.

Gak cuma kejadian aja sih...

Setiap perkataanmu juga bakal dia ingat lo...

Jika dia bisa tahu kapan tanggal ulangtahunmu, dia pasti bakal ingat juga.

Sepertinya rasa suka itu bisa bikin orang yang pelupa jadi serba ingat.

Yang diingat sih cuma tentang kamu aja sih, bukan yang lainnya, hehehe...

12. Curi-curi pandang

Dia sendiri biasanya cuma bisa curi-curi pandang aja sih ke kamu.

Waktu kamu pergokin dia lagi lihatin kamu, pasti dia bakal langsung mengalihkan pandangannya ke arah lain sambil pura-pura gak lihat kamu sama sekali, padahal kamu sudah tahu kalau dia itu sedang diam-diam memerhatikan kamu.

Oh iya, sewaktu kamu bicara kepadanya, coba deh perhatikan matanya...

Soalnya kalau dia tertarik sama kamu, biasanya dia bakalan menatapmu dan mendengarkan setiap kata yang kamu ucapkan kepadanya...

13. Selalu pengen bisa ke rumahmu

Ini biasanya cowok yang ngelakuin...

Walaupun kadang ada juga cewek yang ngelakuin hal semacem ini.

Cuma ya kalau misalnya ingat adatnya kita seperti apa ya kebanyakan sih cowok yang pengen bisa main ke rumah si cewek...

Tujuannya sih supaya bisa lebih mengenal kamu sama keluargamu.

Selain itu juga secara gak langsung keluargamu juga bakal bisa tahu kamu deketnya sama orang yang seperti apa sekarang...

Cuma untuk awal hubungan kok kayaknya ini kurang lazim yak...


14. Hanya bisa menerima jika memang kamu tidak bisa menjadi miliknya

Biasanya sih orang-orang yang begini ini merupakan orang yang suka sama kamu, cuma gak berani buat ngungkapin perasaannya ke kamu.

Begitu tahu kalau kamu ternyata tak bisa jadi miliknya, sudah pasti dia akan kecewa...

Wajar, namanya juga manusia...

Mereka mau sedih, mau marah, mau apa saja lah itu, dia sama sekali tak bisa membuat kamu berpaling kepadanya...

Ah, akhirnya...

Tak terasa ya kalau artikel ini sudah selesai...

Bagaimana, apakah akhirnya bisa menyadari bahwa ada orang yang sedang suka sama kamu?

Jika kamu mungkin tahu ciri lainnya yang ternyata belum aku jabarin di postingan ini, tolong tuliskan ciri tersebut di kotak komentar yak...

Thursday, December 14, 2017

Tanda Seseorang Memikirkan Kita


Pikiran orang lain terkadang bisa membuat orang penasaran.

Terutama dengan pikiran dari orang-orang yang terindikasi menyukai kamu...

Pasti ada tanda-tanda khusus jika dia merindukan kamu sepanjang waktu.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengetahui apakah orang tersebut memikirkanmu atau tidak.

Yang paling gampang adalah dengan menanyakan langsung kepadanya apakah dia sedang memikirkanmu atau tidak.

Masalahnya dibutuhkan keberanian yang sangat tinggi untuk bisa menanyakan hal itu.

Apalagi terkadang setelah menanyakan itu bisa saja orang itu akan menjadi kurang nyaman bila berhubungan dengan kamu lagi.

Mungkin tidak jika memang dia sudah ingin sekali mengejar-ngejar kamu atau mungkin kamu sudah saling mengenal dalam waktu yang lebih lama...

Jadi bagaimana dong agar kamu bisa mengetahui jika dia memikirkan kamu atau tidaknya tanpa harus bertanya?

Jika kamu merupakan orang yang cukup beruntung yang memiliki kemampuan membaca pikiran, maka kamu sudah tidak perlu repot-repot lagi...

Namun jika kamu tidak memilikinya, ada beberapa ciri-ciri yang bisa dijadikan patokan untuk kamu apakah dia sedang memikirkan kamu atau tidak.

Banyak missed call

Di zaman yang sudah maju ini alat komunikasi yang paling gampang adalah menggunakan handphone.

Jika memang dia sebegitunya memikirkanmu, dia akan selalu berusaha mengetahui bagaimana keadaanmu.

Salah satunya cara adalah dengan cara menelpon.

Dengan menelpon maka dia akan mampu mendengarkan suaramu dan bisa seakan bisa berbicara langsung denganmu.

Apalagi jika menggunakan fitur video call yang sekarang sudah hadir di semua platform chatting populer saat ini.

Sering mengirimkan chat

Jika dia bisa berpikir bahwa jika menelpon itu terlalu mengganggu, maka dia akan mengirimkan chat kepadamu dengan intensitas yang bisa dibilang sering.

Jika memang dia merupakan orang yang bisa cukup sabar, maka dia akan menunggumu untuk membalasnya kapanpun itu...

Tapi terkadang ada orang yang tak bisa begitu sabar untuk menunggu balasan chatnya dengan mengirimkan ‘PING!!!’ misalnya, sambil berharap pesan kamu bisa segera direspon olehnya.

Menurut saya, mengirimkan ping itu kurang berfaedah jika hanya untuk keperluan bisa chatting saja...

Jika ping itu dilakukan waktu di chat yang benar-benar penting dan membutuhkan balasan secepatnya, seperti misalnya meminta alamatmu pada saat dia sedang perjalanan menuju lokasimu itu masih wajar...

Tapi sebenarnya jika dia ingin cepat direspon ya ada cara yang lebih jelas sih...

Menelpon kamu.

Mencari alasan untuk bisa bertemu

Jika dia memang selalu memikirkanmu, sudah jelas dia ingin sekali bisa bertemu denganmu dan menghabiskan waktu bersamamu.

Dia akan mencari-cari alasan agar bisa bertemu denganmu.

Mungkin minta ditemani belanja atau mungkin sekedar meminta diajari sesuatu...

Tidak menutup kemungkinan juga jika dia akan pura-pura tidak bisa melakukan sesuatu agar kamu mau mengajarinya, padahal dia sudah bisa melakukan itu, bahkan sudah jago mungkin...

Misalnya kamu bisa bermain gitar, dia juga aslinya bisa main gitar. Tapi dia minta kamu buat ajari dia untuk bermain gitar.

Cuma agar dia bisa menghabiskan waktu bersamamu.

Sering mengajak video call

Dia biasanya ingin mengajakmu untuk melakukan video call.

Dengan melakukan video call maka jarak di antara kalian berdua akan serasa seperti tak ada.

Karena dengan video call kalian berdua itu seperti berada di tempat yang sama.

Platform video call sendiri juga sekarang ini sudah banyak, biasanya sudah menjadi satu dengan platform chatting yang populer saat ini.

Oh iya, perlu diperhatikan juga jika kamu mau menerima ajakannya untuk melakukan video call...

Yaitu kuotamu harus masih melimpah atau mungkin dengan menggunakan jaringan wifi yang kecepatannya stabil juga.

Supaya kualitas komunikasinya juga menjadi lebih maksimal...

Sebentar, ini bukannya ciri-ciri orang yang suka sama aku?

Memang kedengarannya mirip, namun bukankah orang yang suka sama kamu itu sudah pasti memikirkanmu juga?

Sebenarnya, ada beberapa cara lainnya yang tidak biasa yang mungkin kamu sendiri juga belum menyadarinya...

Pasti penasaran kan cara yang tidak biasa itu bagaimana? Iya saya akan jelaskan kok, santai saja...

Sebelumnya...

Sebelum kamu mencoba cara ini, hanya ada satu cara agar cara ini berhasil...

Yaitu hanya buat pikiranmu harus tenang...

Gak ada kekacauan sedikitpun di dalam pikiranmu...

Itu artinya kamu hanya bisa melakukan ini di zona nyamanmu...

Maka dari itu sebelum kamu mencoba cara ini, kamu harus buat pikiranmu tenang dan buatlah nyaman dirimu sendiri.

Pikirkan dirinya

“Loh, katanya dengan cara ini aku bisa tahu dia lagi mikirin aku apa nggak, kok aku disuruh mikirin dia?”

Ah sudahlah, artikel ini belum selesai, jadi tenang dan bacalah artikel ini sampai habis dulu ya...

Kamu tentu udah ngerti kan fisiknya bagaimana, masak belum pernah ketemu sama dia sekalipun?

Nah kamu cukup bayangin dia...

Bayangin setiap detil fisik dari dirinya.

Kamu bisa ingat setiap detil dari dirinya apa nggak?

Jika kamu semakin bisa mengingat setiap detil dari dirinya...

Bagaimana wajahnya...

Bagaimana caranya berbicara...

Bagaimana caranya berjalan

Jika kamu berhasil membanyangkan semua itu bisa dibilang jika dia juga begitu mengagumi kamu.

Jadi jika kamu susah bayangin sekedar wajahnya aja, berati kemungkinan besar dia juga tak begitu memikirkanmu, apalagi mengagumimu...

Cara lainnya

Apa cara yang tadi itu cukup susah buat dilakukan?

Hmm... mungkin cara ini bisa menjadi alternatif.

Syaratnya sih sama...

Pikiran harus tenang dan kamu berada di zona nyamanmu saja...

Oke, begini caranya...

Jika kamu bersin setelah mikirin dia, bisa jadi dia mikirin kamu juga.

Tapi kamu harus hitung juga berapa kali kamu bersin...

Jika kamu bersinnya sampai 2 kali, maka ada kemungkinan dia benci kamu.

Jika ternyata 3 kali berati hubungan kalian akan semakin kuat.

Dari 2 cara aneh itu yang saya sendiri sudah pernah merasakan hanyalah memikirkan detil itu saja...

Untuk yang masalah bersin itu teman saya yang biasanya mengalaminya...

Untuk bagaimana lebih tepatnya itu cara yang paling tepat adalah dengan menanyakan langsung kepada orang itu.

Karena dengan cara itu kita bisa mengetahui dengan pasti apakah dia benar-benar memikirkan kamu atau tidak.

Jangan hanya mendengar lisannya saja, tapi kamu juga harus melihat juga gerakan tubuhnya apakah sesuai dengan perkataannya apa tidak...

Karena memang jika orang berbohong itu selalu ada gerakan-gerakan halus yang mungkin kamu tidak akan menyadari jika dia sedang berusaha untuk berbohong.

Namun bagaimana cara melihatnya tidak akan saya jelaskan di artikel ini, karena akan semakin melebar tentunya pembahasannya.

Sekarang kamu sudah tahu kan tanda seseorang yang sedang memikirkan kita.

Nah saya punya artikel lainnya nih yang mungkin cocok untuk kamu 14 Ciri-Ciri Orang Suka Sama Kita.

Terimakasih sudah mau mampir ke blog ini dan membaca artikel saya.

Friday, April 14, 2017

Benda yang Dapat Menyerap Bunyi

benda yang dapat menyerap bunyi

Ketika anda di sebuah ruangan yang cukup besar, seperti aula misalnya, biasanya anda akan dapat mendengar bahwa suara yang ada di ruangan itu menjadi menggema.

Suara ini terkadang menjadi sangat mengganggu ketika anda ingin berada di ruangan itu lebih lama.

Ini yang dinamakan dengan gaung.

Fenomena ini sebenarnya tidak hanya terjadi di dalam aula saja...

... hal ini juga terjadi jika anda berteriak di dalam gua...

Terkadang adanya gaung itu bisa tidak bagus.

Misalnya adalah ketika anda sedang berada di studio musik.

Maka anda sudah pasti tidak akan bisa memainkan alat musik dengan nyaman karena adanya gaung tersebut.

Ini juga berlaku jika anda sedang melakukan rekaman...

Nah untuk itu ada kalanya kita butuh gaung tersebut dihilangkan agar suara yang kita butuhkan itu sesuai dengan harapan kita.

Sebelum melangkah ke sana, ada baiknya jika kita mengetahui dahulu segala sesuatunya tentang gelombang suara.

Sekilas tentang gelombang suara

Gelombang suara sendiri dibedakan menjadi 3 menurut getaran suara yang dihasilkan.

Infrasonik

Infrasonik sendiri merupakan gelombang suara yang getarannya kurang dari 20 Hz (Hertz).

Gelombang suara ini sayangnya tidak bisa didengarkan oleh manusia sama sekali.

Yang bisa mendengarkannya malah justru hewan...

Hewan-hewan tersebut adalah ini:
  • Ikan paus
  • Gajah
  • Kuda nil
  • Badak
  • Jerapah
  • Alligator

Audiosonik

Audiosonik ini merupakan gelombang suara yang dapat didengarkan oleh manusia.

Rentang gelombangnya sendiri antara 20 – 20.000 Hz.

Dengan adanya gelombang ini, kita dapat mendengarkan segala sesuatunya dengan baik.

Seperti alunan musik, suara-suara alam, bisingnya suara mesin kendaraan, dan lain-lain.

Ultrasonik

Ultrasonik sendiri merupakan gelombang suara yang getarannya lebih dari 20.000 Hz.

Sama seperti infrasonik, gelombang ini sama sekali tidak bisa didengarkan oleh manusia.

... hanya hewan saja yang dapat mendengarkannya...

Hewan-hewan yang dapat mendengarkan ultrasonik bisa dilihat di daftar ini:
  • Kelelawar
  • Lumba-lumba
  • Tikus

Jika anda mengetahui ada hewan lainnya yang dapat mendengarkan infrasonik atau ultrasonik, namun masih belum terdapat di daftar, anda bisa menuliskannya di kolom komentar, nanti akan saya muat jika memang benar hewan tersebut dapat mendengarkan infrasonik atau ultrasonik.

Supersonik ada di mana?

Banyak orang yang salah kaprah untuk masalah ini.

Supersonik sendiri merupakan kecepatan di atas kecepatan suara.

Biasanya dipakai untuk pesawat terbang.

Sehingga sama sekali tidak ada hubungannya dengan artikel yang sedang anda baca ini...

Perambatan gelombang suara

Agar suara dapat kita dengarkan, maka perlu yang namanya media perambatan.

Suara sendiri merambat melalui ini:
•    Udara
•    Benda padat
•    Benda cair

Namun, dari 3 media tersebut, media yang paling baik merupakan media udara.

Oh iya, suara sendiri tidak dapat didengarkan apabila tidak ada media untuk merambatnya...

Misalnya seperti ketika di luar angkasa.

Jadi jika misalnya anda memutar lagu di luar angkasa, bukan di dalam pesawat atau stasiun ruang angkasa, maka anda tidak dapat mendengarkan apapun dari pemutar musik anda.

Sementara untuk di dalam pesawat atau stasiun ruang angkasa bisa, karena masih terdapat udara di dalamnya agar para astronot dan kosmonot dapat menghirup udara tanpa harus menggunakan pakaian ruang angkasanya.

Pemantulan gelombang

Nah sekarang sudah sampai di pembahasan yang anda tunggu dari tadi.

Untuk dapat mengurangi pantulan suara di ruangan, maka kita perlu tahu dulu apa yang dapat memantulkan suara.

Daftar benda yang dapat memantulkan suara:
  • Batu
  • Besi
  • Kaca
  • Kayu
  • Seng
  • Beton
  • Keramik
  • Aluminium
  • Benda keras dan licin

Nah anda sudah mengetahui apa saja yang dapat membuat suara memantul.

Tembok sendiri merupakan benda yang keras dan licin.

Meredam gelombang suara

Suara sendiri harus diredam dengan menggunakan benda lunak atau berongga.

Jika anda bingung benda-benda tersebut seperti apa, tidak usah khawatir...

... karena saya sudah mendata benda apa saja yang dapat digunakan untuk meredam bunyi...

Ini daftarnya:
  • Busa
  • Gabus
  • Kain
  • Kardus
  • Karet
  • Karpet
  • Karung goni
  • Kayu
  • Spons
  • Kain wol 
  • Rockwool

Anda cukup pilih salah satu saja yang ingin anda gunakan untuk mengurangi suara yang ada di ruangan anda.

Anda cukup menempelkannya di seluruh tembok dan plafon yang ada di ruangan tersebut.

Lebih tepatnya anda tempel di dalam ruangannya, bukan di luar...

Sudut-sudut ruangan juga jangan lupa ditempel dengan bahan yang dapat meredam suara.

Namun, biasanya ruangan yang digunakan untuk studio musik itu tidak memiliki jendela.

Sehingga suara benar-benar diusahakan agar tidak keluar dari ruangan studio.

Biasanya juga ruangan tersebut pintunya juga harus ditutup agar tidak ada suara dari luar yang masuk.

Kan sudah tidak ada jendela, terus pintunya harus ditutup, bagaimana caranya mendapatkan udara?

Nah untuk mendapatkan udara, biasanya di ruangan tersebut dipasang AC sehingga udara tetap di suhu yang nyaman.

Walaupun terkadang orang-orang itu menyetel AC di suhu yang paling bawah yang terkadang malah bikin tidak nyaman...

Terutama jika ruangannya kecil dan anda sendirian di dalamnya.

Maka dari itu ada baiknya juga ketika anda sedang menggunakan AC, aturlah di suhu nyaman saja.

Misalnya 20-25 derajat celcius saja.

Memang tidak begitu dingin, namun setidaknya ini dapat membuat anda betah berlama-lama di dalam ruangan tersebut.

Namun anda juga masih harus memperhatikan bagaimana luasnya ruangan dan berapa orang yang ada di dalamnya.

Karena jika orangnya kebanyakan atau ruangannya terlalu luas, maka anda harus menambah kekuatan pendinginannya.

... atau dengan menambah AC-nya...

Sunday, January 25, 2015

Cara Melatih Diri Menggunakan Otak Kanan

Otak kanan sendiri menurut penelitian adalah bagian otak yang lebih berperan dalam penggunaan sisi kreatif. Karena otak ini dikabarkan lebih banyak mengolah gambar, suara, gerakan, dan lain-lain sehingga otak ini menurut saya, kerjanya cenderung lebih bebas dibandingkan dengan otak kiri.

Otak kanan sendiri cenderung memiliki kendali bagian tubuh sebelah kiri. Sehingga sebagian besar orang yang kidal cenderung dominan otak kanannya dibandingkan yang kiri.

Saya sendiri sebenarnya juga kidal, saya sendiri juga merasakan kesulitan-kesulitan menggunakan barang-barang yang didesain hanya untuk orang-orang normal. Saya sendiri juga ternyata dominan otak kanan, namun berhubung saya sendiri kuliah di jurusan Sistem Informasi, saya juga dituntut untuk melatih nalar saya, jadi kedua belah otak ini harus tetap bisa saling bekerja sama.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk melatih tangan kiri anda, saya akan berikan tips untuk anda.

1. Mulai untuk menggunakan tangan kiri anda

Anda bisa memulainya dengan membuka pintu dengan tangan kiri anda, menyisir rambut dengan tangan kiri anda, atau berbagai kegiatan mudah lainnya. Memang kedengarannya cukup mudah, namun percayalah, ini tidak semudah yang anda bayangkan.

2. Mencoba untuk menulis dengan tangan kiri

Anda tentu sudah terbiasa untuk menulis dengan tangan kanan bukan? Mengapa anda tidak mencoba untuk menggunakan tangan kiri anda untuk menulis? Ini juga menyenangkan untuk anda ketika anda sudah berhasil menguasainya, anda bisa menggunakan tangan kiri anda untuk menulis ketika tangan kanan anda cukup lelah untuk menulis.

3. Mengambil barang anda menggunakan tangan kiri

Anda tidak perlu mengambil barang yang cukup besar untuk mencoba hal ini, anda bisa belajar untuk mengambil barang-barang yang kecil terlebih dahulu sebelum mencoba untuk mengambil yang besar. Jika anda mulai bisa lebih dominan mengambil barang anda menggunakan tangan kiri anda, berarti anda hebat, karena tidak semua orang bisa melakukannya.

4. Mengangkat barang dengan tangan kiri

Cukup anda membawa tas atau barang belanjaan anda menggunakan tangan kiri anda. Dengan begini sebenarnya juga melatih diri anda untuk mengambil barang dengan tangan kiri. Namun yang perlu anda ingat, jangan membawa beban yang terlalu berat terlebih dahulu, karena rasanya juga tidak akan enak di badan anda. Mencoba mengangkat barang-barang yang lebih ringan terlebih dahulu akan membantu anda untuk membuat tangan kiri anda menjadi lebih kuat.

5. Mulai mencoba

Iya, apalagi yang harus saya tulis, lagipula juga semua ini juga akan percuma jika anda tidak pernah sama sekali untuk mencoba tips yang saya berikan. Dengan anda melakukan latihan secara rutin, maka anda bisa menjadi lebih cepat untuk menguasai tangan kiri anda.

6. Sabar

Katanya sudah selesai, tapi kok ini masih ada lagi? Iya, ini adalah bagian yang lebih penting daripada mulai mencoba, yaitu sabar. Karena biasanya ini akan mampu membuat anda menjadi frustasi, karena anda sendiri tidak segera mampu untuk menguasai tangan kiri anda walaupun anda sudah sering mencobanya. Saya sendiri juga mencoba untuk lebih sabar kok ketika saya sendiri kesulitan untuk menggunakan alat-alat dengan tangan kanan saya namun tentunya dengan ketentuan barang tersebut tidak bisa digunakan oleh tangan kiri saya.

Selamat mencoba.

Thursday, January 22, 2015

Apa itu Self-Serving

Self-serving merupakan salah satu model penjualan di mana para pelanggan yang melayani dirinya sendiri. Di Indonesia sendiri, self-serving biasanya ada di supermarket, yang di mana pelanggannya mengambil sendiri barang-barang yang diinginkannya dan kemudian membayarnya ketika akan meninggalkan toko. Salah satu contoh lain dari self-serving adalah ketika anda menggunakan mesin ATM, baik itu untuk menarik uang ataupun ketika anda ingin menabung, anda melakukan sendiri semua yang anda inginkan, bukan?

Sebenarnya sistem ini juga biasa digunakan pada rumah makan prasmanan, karena anda bisa memilih sendiri apa yang ingin anda makan dan anda juga yang menentukan seberapa banyak porsi yang ingin anda makan.

Bagi restoran yang menggunakan skema bisnis seperti ini, pemilik restoran bisa mendapat omzet yang besar, karena memang harganya biasanya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan restoran pada umumnya. Yang membuat harga makanan di restoran dengan konsep seperti ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan restoran yang biasanya adalah karena restoran secara tidak langsung melakukan subsidi silang, yaitu tidak semua orang mengambil porsi yang banyak, sehingga keuntungan yang di dapat dari orang yang mengambil sedikit itulah yang bisa digunakan untuk menutupi orang yang mengambil makanan yang banyak atau bisa jadi rakus.

Keuntungan lainnya menggunakan self-service adalah tidak membutuhkan banyak orang untuk menjalankan bisnis ini, karena para pengunjung bisa mengambil apapun yang mereka inginkan sendiri, pihak penjual hanya perlu menjaga stok dari barang-barang tersebut tetap ada. Untuk usaha restoran, konsep seperti ini cukup memudahkan para chef, karena mereka hanya perlu memasak sekali mereka hanya akan memasak lagi apabila makanan yang disajikan akan habis, ini sangat berbeda apabila jika dibandingkan dengan restoran yang biasanya, yang di mana para chef harus memasak berulang-ulang tergantung dari seberapa banyak pesanan yang datang.

Keuntungan juga yang bisa didapatkan adalah bisa mendapatkan pembeli secara maksimal, karena memang pengunjung melayani dirinya sendiri, tidak tergantung dari pelayanan yang diberikan para pekerja dalam memberikan apa yang dipesan oleh para pelanggan. Karena terkadang jumlah pembeli yang datang tidak sebanding dengan kemampuan para pekerja dalam melayani pelanggannya, sehingga terkadang terjadi antrian yang diserobot, baik itu oleh para pekerjanya yang lupa siapa orang yang datang lebih dulu, atau dari para pelanggannya yang tidak bisa bersabar untuk menunggu antrian yang ada di depannya. Faktor lain yang mempengaruhi mengapa penjualan menggunakan sistem ini mampu memaksimalkan jumlah pelanggan adalah para pelanggan tidak terfokus di satu tempat, mereka hanya akan menuju ke tempat barang-barang yang diinginkannya, seperti misalnya supermarket, para pengunjung yang hanya ingin membeli daging tidak harus ikut mengantri pada bagian orang-orang yang membeli minuman, begitu juga sebaliknya.

Keuntungan Usaha Sendiri Dibanding Waralaba

Usaha waralaba atau bisa disebut dengan franchise biasanya akan sangat menggiurkan untuk digeluti. Karena kita hanya tinggal menjalankan bisnisnya. Namun biaya yang sangat besar di awal juga memberikan halangan tersendiri bagi para calon pengusaha baru. Namun jika anda memilih untuk membuka usaha anda sendiri daripada menggunakan franchise, anda bisa mendapatkan keuntungan berikut

Mengatur sendiri modal awal

Dengan membuat usaha anda sendiri, anda bisa mengatur seberapa banyak modal awal yang ingin anda gunakan untuk menjalankan usaha anda sendiri. Banyaknya modal awal yang anda perlukan itu juga tergantung dengan bagiamana usaha yang ingin anda jalankan.

Bisa memilih sendiri supplier

Dengan anda membuat bisnis anda sendiri, anda bisa memilih sendiri di mana anda bisa mendapatkan barang-barang yang anda butuhkan untuk menjalankan usaha anda. Dengan anda memilih sendiri supplier anda, anda bisa mendapatkan barang yang murah, namun kualitasnya juga tidak kalah, kualitas yang saya maksud di sini  tidak hanya pada barangnya saja, namun juga pada kualitas pelayanan yang diberikan dari supplier anda.

Bebas untuk memilih sendiri

Ini sebenarnya bermakna luas, karena anda sendiri yang mengatur bagaimana tentang pendanaan anda, anda bisa memilih di manakah anda ingin membuka usaha anda, anda bisa memilih bagaimana desain toko anda, anda juga bisa memilih bagaimana standar karyawan yang anda inginkan. Semuanya ada di tangan anda sendiri.

Membuatnya menjadi waralaba

Ketika nanti usaha anda sudah cukup besar, anda bisa memperluas jaringan bisnis anda menggunakan bisnis waralaba, karena anda bisa mendapatkan uang royalti dari usaha anda, selain itu, dengan menjadikan usaha anda menjadi waralaba, dana yang anda perlukan untuk membuat cabang baru anda bisa anda minimalisir, karena anda bisa mendapatkannya dari orang-orang yang ingin "menyewa" usaha anda.

Memilih sendiri cara untuk beriklan

Dengan anda membuka bisnis anda sendiri, anda tentu memerlukan cara untuk mempromosikan usaha anda itu kepada masyarakat. Anda bisa menggunakan dari cara yang gratis hingga berbayar untuk mempromosikan usaha anda itu kepada masyarakat. Cara yang pada saat ini sering digunakan adalah promosi online. Karena promosi online ini anda tidak memerlukan terlalu banyak biaya.