Thursday, January 22, 2015

Apa itu Franchise?

Apa itu Franchise?


Apakah anda ingin mempunyai usaha namun anda ingin tinggla langsung menjalankannya saja tanpa harus repot-repot mengalami jatuh bangun yang berpotensi untuk membuat anda merugi? Mungkin anda memerlukan untuk menjalankan bisnis franchise.

Mengapa memilih franchise?

Dengan anda menggunakan franchise, maka bisnis anda akan bisa langsung berjalan dengan baik, selain itu bisnis anda juga bisa langsung dikenal oleh masyarakat. Anda tinggal menjalankan bisnisnya saja. Semua sistem, logistik yang diperlukan, pegawai, dan lain sebagainya sudah disediakan oleh franchisor.

Franchisor sendiri merupakan pihak yang menjual atau meminjamkan hak dagangnya, atau merk dagangnya serta sebuah sistem bisnis untuk menjalankan bisnis tersebut.

Franchisee merupakan pihak yang membayar royalti dan biaya lainnnya yang dipersyaratkan oleh franchisor untuk dapat menggunakan merk dagangnya serta sistem bisnis yang dirancang oleh franchisor.

Sebenarnya dengan menggunakan franchise, kedua belah pihak akan diuntungkan, karena dengan menggunakan franchisor bisa memperluas jaringannya dengan cara memperbanyak cabang yang ada, selain itu mereka juga tidak perlu kesulitan modal, karena adanya franshisee yang akan memberikan modalnya untuk membangun usahanya.

Sementara untuk franchisee, akan sangat diuntungkan dengan mereka tak perlu repot-repot lagi untuk membangun sebuah brand agar dapat dikenal oleh para pelanggannya, mereka juga tidak perlu untuk membangun sebuah sistem, karena tinggal menjalankan sistem yang sudah ada dari franchisor. Untuk pelatihan para pegawainya sendiri juga tidak perlu repot-repot, karena sudah disediakan, tinggal anda gunakan untuk menjalankan bisnis anda.

Biasanya dalam franchise, selain adanya harga yang harus dibayarkan franchisee ke franchisor di awal pembukaan cabang, biasanya juga ada pembayaran royalti dalam jangka waktu tertentu, jumlahnyapun menyesuaikan dari seberapa besar pendapatan kotor dalam jangka waktu tersebut.

Usaha ini bagus untuk anda apabila anda

  • memiliki uang yang cukup banyak
  • lahan yang cukup untuk anda gunakan sebagai tempat usaha anda 
  • tidak ingin repot untuk mengenalkan usaha anda kepada masyarakat
  • tidak mau repot untuk merasakan jatuh bangunnya usah anda
  • tidak mau repot untuk membangun sistem untuk usaha anda
  • tidak mau repot untuk melatih para pegawai anda


EmoticonEmoticon