Tuesday, January 20, 2015

Apa itu Introvert dan Ekstrovert?

Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar istilah introvert dan ekstrovert. Kebanyakan dari anda pasti ketika mendengar kata introvert, maka dalam diri anda akan tercetus sebuah kata, yaitu "pemalu". Padahal tidak semua introvert itu merupakan pemalu. Namun yang perlu anda tahu adalah introvert dan ekstrovert merupakan cara mereka mendapatkan energi.

Para introvert mendapatkan energi mereka dalam kesunyian, sementara para ekstrovert mendapatkan energi mereka ketika mereka ada di tengah keramaian.
Saya ulangi sekali lagi, para introvert mendapatkan energi mereka dalam kesunyian, sementara para ekstrovert mendapatkan energi mereka ketika mereka di tengah keramaian.

Bagaikan sebuah handphone, pada suatu ketika daya dari baterai yang ada di handphone tersebut akan habis, ketika dayanya habis, tentu anda akan mengisinya. Begitu pula introvert dan ekstrovert.

Para introvert akan kehilangan energinya ketika mereka berada di keramaian dan akan mengisi energi mereka dalam kesunyian. Sementara untuk ekstrovert adalah kebalikannya, mereka akan kehabisan energi ketika mereka ada di keramaian dan akan mengisi energi mereka dalam kesunyian.

Untuk populasi dunia sendiri, sebenarnya kebanyakan dari mereka (dan mungkin termasuk anda) merupakan orang yang dengan kepribadian ekstrovert, sementara introvert sendiri lebih jarang. Itulah mengapa para introvert sendiri lebih mudah untuk memahami para ekstrovert, sementara para ekstrovert kebanyakan tidak bisa untuk memahami introvert. Menurut saya itu wajar, karena memang jumlah introvert lebih sedikit daripada ekstrovert.

Dalam masalah pekerjaan sendiri, para introvert lebih bagus dalam single-tasking, apabila mereka diberikan terlalu banyak tugas, maka yang terjadi adalah mereka akan kehilangan fokus dan apa yang mereka kerjakan menjadi tidak terarah. Sementara para ekstrovert lebih bagus dalam hal multi-tasking.

Untuk urusan pertemanan sendiri, para introvert biasanya hanya memiliki beberapa orang teman saja, namun mereka sangat dekat, biasanya apabila seorang introvert telah mendapatkan teman, maka orang yang menjadi temannya itu akan menjadi sahabat seumur hidupnya. Karena para introvert tidak terlalu mementingkan seberapa banyak teman yang dia punya, melainkan dari seberapa kualitas dari pertemanannya itu.

Sementara untuk para ekstrovert, mereka cenderung lebih banyak memiliki lebih banyak teman jika dibandingkan dengan introvert, namun hubungan mereka tidak terlalu erat seperti para introvert.


EmoticonEmoticon