Sunday, January 25, 2015

Cara Melatih Diri Menggunakan Otak Kanan

Otak kanan sendiri menurut penelitian adalah bagian otak yang lebih berperan dalam penggunaan sisi kreatif. Karena otak ini dikabarkan lebih banyak mengolah gambar, suara, gerakan, dan lain-lain sehingga otak ini menurut saya, kerjanya cenderung lebih bebas dibandingkan dengan otak kiri.

Otak kanan sendiri cenderung memiliki kendali bagian tubuh sebelah kiri. Sehingga sebagian besar orang yang kidal cenderung dominan otak kanannya dibandingkan yang kiri.

Saya sendiri sebenarnya juga kidal, saya sendiri juga merasakan kesulitan-kesulitan menggunakan barang-barang yang didesain hanya untuk orang-orang normal. Saya sendiri juga ternyata dominan otak kanan, namun berhubung saya sendiri kuliah di jurusan Sistem Informasi, saya juga dituntut untuk melatih nalar saya, jadi kedua belah otak ini harus tetap bisa saling bekerja sama.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk melatih tangan kiri anda, saya akan berikan tips untuk anda.

1. Mulai untuk menggunakan tangan kiri anda

Anda bisa memulainya dengan membuka pintu dengan tangan kiri anda, menyisir rambut dengan tangan kiri anda, atau berbagai kegiatan mudah lainnya. Memang kedengarannya cukup mudah, namun percayalah, ini tidak semudah yang anda bayangkan.

2. Mencoba untuk menulis dengan tangan kiri

Anda tentu sudah terbiasa untuk menulis dengan tangan kanan bukan? Mengapa anda tidak mencoba untuk menggunakan tangan kiri anda untuk menulis? Ini juga menyenangkan untuk anda ketika anda sudah berhasil menguasainya, anda bisa menggunakan tangan kiri anda untuk menulis ketika tangan kanan anda cukup lelah untuk menulis.

3. Mengambil barang anda menggunakan tangan kiri

Anda tidak perlu mengambil barang yang cukup besar untuk mencoba hal ini, anda bisa belajar untuk mengambil barang-barang yang kecil terlebih dahulu sebelum mencoba untuk mengambil yang besar. Jika anda mulai bisa lebih dominan mengambil barang anda menggunakan tangan kiri anda, berarti anda hebat, karena tidak semua orang bisa melakukannya.

4. Mengangkat barang dengan tangan kiri

Cukup anda membawa tas atau barang belanjaan anda menggunakan tangan kiri anda. Dengan begini sebenarnya juga melatih diri anda untuk mengambil barang dengan tangan kiri. Namun yang perlu anda ingat, jangan membawa beban yang terlalu berat terlebih dahulu, karena rasanya juga tidak akan enak di badan anda. Mencoba mengangkat barang-barang yang lebih ringan terlebih dahulu akan membantu anda untuk membuat tangan kiri anda menjadi lebih kuat.

5. Mulai mencoba

Iya, apalagi yang harus saya tulis, lagipula juga semua ini juga akan percuma jika anda tidak pernah sama sekali untuk mencoba tips yang saya berikan. Dengan anda melakukan latihan secara rutin, maka anda bisa menjadi lebih cepat untuk menguasai tangan kiri anda.

6. Sabar

Katanya sudah selesai, tapi kok ini masih ada lagi? Iya, ini adalah bagian yang lebih penting daripada mulai mencoba, yaitu sabar. Karena biasanya ini akan mampu membuat anda menjadi frustasi, karena anda sendiri tidak segera mampu untuk menguasai tangan kiri anda walaupun anda sudah sering mencobanya. Saya sendiri juga mencoba untuk lebih sabar kok ketika saya sendiri kesulitan untuk menggunakan alat-alat dengan tangan kanan saya namun tentunya dengan ketentuan barang tersebut tidak bisa digunakan oleh tangan kiri saya.

Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon